Pages

Subscribe:

Minggu, 11 September 2011

Prasarana dan Sarana

Prasarana & Sarana

Ciri-ciri Produk Industri Pariwisata
   Hasil atau produk industri pariwisata tidak dapat dipindahkan
   Peranan perantara tidak diperlukan
   Tidak dapat ditimbun
   Tidak mempunyai standard atau ukuran yang obyektif
    permintaan terhadap hasil atau produk tidak tepat  dan sangat dipengaruhi oleh faktor non-ekonomis
   Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk yang akan dibeli
   Banyak tergantung pada tenaga manusia dan sedikit menggunakan mesin
   Mempunyai tingkat resiko yang tinggi

Obyek wisata
Yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang untuk mengunjungi daerah tertentu
   Benda2 yg tersedia dan terdapat di alam semesta
§  Iklim, misal cuaca cerah
§  Bentuk tanah dan pemandangan, misal danau, pantai, gunung, dll
§  Hutan belukar, misal hutan luas, pohon2, dll
§  Fauna dan flora, tanaman yg aneh, cagar alam, taman burung, dll
§  Pusat2 kesehatan, misal sumber air mineral, madu lumpur, dll
   Hasil ciptaan manusia
§  Benda2 yg bersejarah, kebudayaan, keagamaan, misal monumen bersejarah, museum, art galery, acara tradisional, festival, upacara perkawinan, rumah2 beribadah
   Tata cara hidup masyarakat,
§  Ngaben di bali, Upacara Pembakaran Mayat di Tanah Toraja, Upacara Sekaten di Yogya, Upacara Waysyak di Candi /mendut dan Borobudur

Sebelum melakukan perjalanan, Wisatawan ingin mengetahui :
*       Fasilitas transportasi yg akan membawa dari dan ke daerah tujuan
*       Fasilitas akomodasi
*       Fasilitas catering service
*       Obyek dan atraksi wisata
*       Aktivitas rekreasi yg dapat dilakukan di tempat tujuan
*       Fasilitas perbelanjaan, untuk membeli barang2 dan souvenir
*       Tempat dan toko

Prasarana (infrastructures)
Adalah semua fasilitas yg dapat memungkinkan proses perekonomian berjalan dgn lancara sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapat memnuhi kebutuhannya. (Lothar A. Kreck)
*       Prasarana Perekonomian
*       Pengangkutan (transportation) : pengangkutan yg dapat membawa wisatawan dr negara/tempat asal ke tempat tujuan
*       Komunikasi : telp, telegraf, radio, tv, surat kabar, pelayanan kantor pos
*       Kelompok yg termasuk “UTILITAS” : penerangan listrik, persediaan air minum, sistem irigasi, sumber energi
*       Sistem Perbankan : jaminan mudah menerima atau mengirim uang
*       Prasarana Sosial : semua faktor yg menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonomian yg ada
*       Sistem pendidikan – pendidikan kepariwisataan untuk meningkatkan pelayanan, untuk memelihara dan mengawasi badan usaha yg bergerak di kepariwisataan
*       Pelayanan kesehatan : jaminan tersedia layanan kesehatan
*       Faktor keamanan : perasanaan tidak aman karena adanya pencopetan, pencurian di hotel, penipuan sopir taxi, dll
*       Petugas yg langsung melayani wisatawan : petugas imigrasi, bea dan cukai, polisi

Prasarana (Prof Salah Wahab)
*       Prasarana Umum : prasarana yg menyangkut kebutuhan orang banyak yg pengadaannya bertujuan untuk membantu kelancaran roda perekonomian
*       Pembangkit tenaga listrik, sistem penyediaan air bersih, jaringan jalan raya dan kereta api, sistem irigasi, perhubungan dan telekomunikasi
*       Kebutuhan Masyarakat Banyak : prasarana yg menyangkut orang banyak
*       Rumah sakit, apotik, bank, kantor pos, pompa bensin, administrasi pemerintahan
*       Prasarana Kepariwisataan :
*       Receptive Tourist Plant : badan usaha atau organisasi utnuk mempersiapkan kedatangan wisatawan -> Travel Agent dan Tour Operator, Tourist Information
Centre
*       Residental Tourist Plant : fasilitas yg dapat menampung kedatangan wisatawan untuk menginap -> hotel, motel, cotages, restoran,dll
*       Recreative and Sportive Plant : fasilitas yg digunakan untuk tujuan rekreasi dan olah raga -> kolam renang, berselancar, dll
Sarana
*       Perusahaan2 yg memberikan pelayanan pada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan
*       Sarana Pokok Kepariwisataan : perusahaan yg hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yg melakukan perjalanan wisata.
*       Travel agent & Tour Operator, Perusahaan Angkutan Wisata, Hotel dan jenis akomodasi lain, Bar & Restoran, Obyek Wisata & Atraksi Wisata
*       Sarana Pelengkap Kepariwisataan : perusahaan2 atau tempat2 yg menyediakan fasilitas untuk rekreasi yg fungsinya tidak hanya melengkapi sara pokok kepariwisataan, yg penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan wisata
*       Sarana olah raga (lapangan tenis, golf, kolam renang, berlayar, berselancar)
*       Saran ketangkasan (permainan bola sodok, jackpot, dll)
*       Sarana Penunjang Kepariwisataan : perusahaan yg menunjang sarana pelengkap dan sarana pokok dan fungsinya agar wisatawanlebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjungi
*       Night club, casinos, steambaths

Tidak ada komentar:

Posting Komentar