Prasarana & Sarana
Ciri-ciri Produk Industri Pariwisata
► Hasil atau produk industri pariwisata tidak dapat dipindahkan
► Peranan perantara tidak diperlukan
► Tidak dapat ditimbun
► Tidak mempunyai standard atau ukuran yang obyektif
► permintaan terhadap hasil atau produk tidak tepat dan sangat dipengaruhi oleh faktor non-ekonomis
► Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk yang akan dibeli
► Banyak tergantung pada tenaga manusia dan sedikit menggunakan mesin
► Mempunyai tingkat resiko yang tinggi
Obyek wisata
Yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang untuk mengunjungi daerah tertentu
► Benda2 yg tersedia dan terdapat di alam semesta
§ Iklim, misal cuaca cerah
§ Bentuk tanah dan pemandangan, misal danau, pantai, gunung, dll
§ Hutan belukar, misal hutan luas, pohon2, dll
§ Fauna dan flora, tanaman yg aneh, cagar alam, taman burung, dll
§ Pusat2 kesehatan, misal sumber air mineral, madu lumpur, dll
► Hasil ciptaan manusia
§ Benda2 yg bersejarah, kebudayaan, keagamaan, misal monumen bersejarah, museum, art galery, acara tradisional, festival, upacara perkawinan, rumah2 beribadah
► Tata cara hidup masyarakat,
§ Ngaben di bali, Upacara Pembakaran Mayat di Tanah Toraja, Upacara Sekaten di Yogya, Upacara Waysyak di Candi /mendut dan Borobudur
Sebelum melakukan perjalanan, Wisatawan ingin mengetahui :
Fasilitas transportasi yg akan membawa dari dan ke daerah tujuan
Fasilitas akomodasi
Fasilitas catering service
Obyek dan atraksi wisata
Aktivitas rekreasi yg dapat dilakukan di tempat tujuan
Fasilitas perbelanjaan, untuk membeli barang2 dan souvenir
Tempat dan toko
Prasarana (infrastructures)
Adalah semua fasilitas yg dapat memungkinkan proses perekonomian berjalan dgn lancara sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapat memnuhi kebutuhannya. (Lothar A. Kreck)
Prasarana Perekonomian
Pengangkutan (transportation) : pengangkutan yg dapat membawa wisatawan dr negara/tempat asal ke tempat tujuan
Komunikasi : telp, telegraf, radio, tv, surat kabar, pelayanan kantor pos
Kelompok yg termasuk “UTILITAS” : penerangan listrik, persediaan air minum, sistem irigasi, sumber energi
Sistem Perbankan : jaminan mudah menerima atau mengirim uang
Prasarana Sosial : semua faktor yg menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonomian yg ada
Sistem pendidikan – pendidikan kepariwisataan untuk meningkatkan pelayanan, untuk memelihara dan mengawasi badan usaha yg bergerak di kepariwisataan
Pelayanan kesehatan : jaminan tersedia layanan kesehatan
Faktor keamanan : perasanaan tidak aman karena adanya pencopetan, pencurian di hotel, penipuan sopir taxi, dll
Petugas yg langsung melayani wisatawan : petugas imigrasi, bea dan cukai, polisi
Prasarana (Prof Salah Wahab)
Prasarana Umum : prasarana yg menyangkut kebutuhan orang banyak yg pengadaannya bertujuan untuk membantu kelancaran roda perekonomian
Pembangkit tenaga listrik, sistem penyediaan air bersih, jaringan jalan raya dan kereta api, sistem irigasi, perhubungan dan telekomunikasi
Kebutuhan Masyarakat Banyak : prasarana yg menyangkut orang banyak
Rumah sakit, apotik, bank, kantor pos, pompa bensin, administrasi pemerintahan
Prasarana Kepariwisataan :
Receptive Tourist Plant : badan usaha atau organisasi utnuk mempersiapkan kedatangan wisatawan -> Travel Agent dan Tour Operator, Tourist Information
Centre
Residental Tourist Plant : fasilitas yg dapat menampung kedatangan wisatawan untuk menginap -> hotel, motel, cotages, restoran,dll
Recreative and Sportive Plant : fasilitas yg digunakan untuk tujuan rekreasi dan olah raga -> kolam renang, berselancar, dll
Sarana
Perusahaan2 yg memberikan pelayanan pada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan
Sarana Pokok Kepariwisataan : perusahaan yg hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yg melakukan perjalanan wisata.
Travel agent & Tour Operator, Perusahaan Angkutan Wisata, Hotel dan jenis akomodasi lain, Bar & Restoran, Obyek Wisata & Atraksi Wisata
Sarana Pelengkap Kepariwisataan : perusahaan2 atau tempat2 yg menyediakan fasilitas untuk rekreasi yg fungsinya tidak hanya melengkapi sara pokok kepariwisataan, yg penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan wisata
Sarana olah raga (lapangan tenis, golf, kolam renang, berlayar, berselancar)
Saran ketangkasan (permainan bola sodok, jackpot, dll)
Sarana Penunjang Kepariwisataan : perusahaan yg menunjang sarana pelengkap dan sarana pokok dan fungsinya agar wisatawanlebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjungi
Night club, casinos, steambaths
Tidak ada komentar:
Posting Komentar