Perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk penginapan (akomodasi) serta menyajikan hidangan serta fasilitas lainya dalam hotel untuk umum yang memenuhi syarat-syarat comfort dan bertujuan komersial
Definisi menurut Menhub;
- Hotel adalah bangunan atau kompleks bangunan
- Hotel adalah tempat tinggal sementara
- Jas hotel di sediakan untuk umum
- Jasa di hotel diberikan secara komersial
JASA PERHOTELAN
— Tempat untuk beristirahat dan tidur
— Tempat atsu ruangan untuk makan dan minum : restoran , bar dan coffee shop
— Toilet dan kamar mandi
— Pelayanan umum untuk memenuhi segala macam kebutuhan lain para tamu
DEPARTMENT
— Housekeeping department (departemen tata graha)
Menjaga agar semua fasilitas di hotel lengkap, bersih dan siap pakai waktu di perlukan dan mengerjakan cucian dan penatu
— Technical department (bagian tehnik)
Mengurus penerangan, lift, pompa, dan sebagainya
— Food and beverage department (departemen tata boga)
Pelayanan di ruang makan dan di bar ->kepala pelayanan (head wailer) & pramu minum (bartender)
Bagian dapur (kitchen )-> kepala dapur (chicfcook)
— Front office Department (bagian kantor depan )
Memberikan pelayanan di bagian depan -> unsur actor sangat menonjol dan di perlukan tingkat keramahtamahan yang tinggi, mendekati hospitality
Tugas pelayanan kantor depan:
Ø Menerima dan mencatat tamu yang hendak menginap -> resepsionis
Ø Menghitung dan menerima pembayaran tamu yang hendak meninggalkan hotel -> Kasir
— Administrasi
— Bagian Keuangan
— Public Relations
SISTEM PEMBAYARAN
— Sistem Amerika
Tamu membayar untuk semua jasa dan konsumsi
— Sistem Eropa
Tarif hotel tidak termasuk harga makanan
— Sistem Kontinental
Tarif hotel meliputi harga makan pagi saja
KLASIFIKASI HOTEL
— Klasifikasi berdasarkan baik-tidaknya sertan lengkap dan tidaknya jasa yang diberikan hotel
— Lima kelas hotel : kelas luks, kelas 1.kelas 2,kelas 3 dan kelas 4
— Indonesia menggunakan tanda bintang
— Hotel yang tidak menyediakan jasd lengkap diberi tanda melati
— Kelas yang sma di beberapa negara tidak memberikan jasa yang sama pula -> tariff hotel
SYARAT HOTEL YANG BAIK
— Syarat Fasilitas
Ø Bentuk -> bentuk fasilitas harus dapat dikenal
Ø Fungsi -> fasilitas harus berfungsi seperti yang dimaksut
Ø Lokasi -> fasilitas harus berada ditempat yang mudah dicapai atau di ketahui
Ø Mutu
— Syarat pelayanan
Ø Syarat – syarat yang berlaku untuk fasilitas juga berlaku
— Syarat tarif
Faktor – factor yang di pertimbangkan:
Ø Besarnya modal yang ditanam dalam usaha perhotelan
Ø Tingakat harga komoditi untuk pengelolaan hotel
Ø Mutu jasa yang diberikan
Ø Jumlah & jenis wisatawan yang di harapkann dating
Ø Lokasi hotel
— Syarat lokasi
Ø Syarat lingkungan
Ø Syarat sentraltias
Ø Syarat aksesibilitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar